Semangat Gotong Royong, Warga Dan DKM Salurkan Daging Kurban Ke Warga

0
43

BOGOR, MERDEKA POS – Kebersamaan dalam mengisi hari raya Idul Adha 2024 atau 1445 Hijriah mewarnai kegiatan warga, khususnya umat Muslim, pada hari ini, Senin (17/06/2024). Begitu pula dengan apa yang terjadi di salah satu Wilayah di Kecamatan Tajurhalang, tepatnya dihalaman Masjid Al Giffard. RW 015 desa Kalisuren kecamatan Tajurhalang kabupaten Bogor.

Seusai melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah, warga guyub dan kompak dalam bergotong royong mengemban amanah memotong dan menyalurkan daging kurban.

Ketua panitia pemotongan hewan qurban masjid Al Gifford bapak untoyo memimpin langsung pelaksanaan proses pemisahan kulit sapi dari daging nya.

Sekitar pukul 07.30 WIB, warga mulai berdatangan melaksanakan prosesi pemotongan hewan kurban. Terlihat, mereka saling membantu, berinisiatif melakukan sesuatu yang bisa mereka kerjaka

Indahnya Berbagi Momen Tingkatkan Ketakwaan dan Kepedulian Sesama,
“Idul Adha, kita diuji dengan keimanan, apakah cinta kepada Allah Swt, nun jauh di sana masih ada orang yang main-main dengan kewajiban,” demikian kata Ketua RW 014 desa Kalisuren Barata, kepada wartawan usai menyaksikan penyembelehan kurban.

“Selain itu, ada juga ujian dalam berkurban, dengan menyembelih kurban, kaya dan miskin untuk berkurban, tetapi keyakinan kepada Allah, Allah akan menggantinya dengan berlipat,” tambahnya.

Barata mengatakan di RW 014 ada 4 sapi dan 13 kambing yang dikurbankan. Dia memastikan 90% lebih sapi yang dikurbankan tersebut bukan hanya dari perorangan, melainkan hasil patungan dari beberapa warga di tingkat rukun tetangga (RT), rukun warga (RW),
Barata menambahkan, Idul Adha pada tahun ini memang menjadi momen bagi warga dan pengurus DKM masjid, dalam memotong dan menyalurkan daging kurban. Tak ayal, hal ini pun menjadi kesempatan bagi warga untuk saling silaturahim dan bekerja sama saat mengemban amanah tersebut.

“Saya selaku Ketua RW menyampaikan terima kasih kepada Ketua panitia qurban bapak untoyo bersama pengurus DKM Masjid Al Giffari remaja Karang taruna RW 014 dan ibu ibu RW 014, dan semua pengurus RT dan warga RW 014 terlibat,” tutur Barata.

Kapolsek Tajurhalang melakukan kunjungan ke RW 12 memantau pelaksanaan pemotongan hewan qurban

Di tempat terpisah Ketua RW 12, para Ketua RT, , Babinkamtibmas, dan panitia foto bersama ibu Kapolsek Tajurhalang Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi SH. saat kunjungan Kapolres di wilayah Desa Kalisuren.

Ketua DKM Arrayyan Empang Mang Hade Mboi H Dedi Rohadi memimpin langsung pelaksanaan pemotongan hewan qurban

Sementara itu Ketua Panitia kurban Masjid Ar-Rayyan Empang Mang Hade Anton Wisnu Wardhana memaknai ,” momen Idul Adha ini sebagai hari saling berbagi. Selain itu, momen merekatkan hubungan sosial warga di lingkungan sekitar apa pun latar belakang ekonomi maupun kepercayaannya.,” Ungkap Anton

Setiap hewan kurban disembelih, warga secara otomatis akan bekerja sama memotong dan menimbang daging hewan kurban untuk dibagikan.
“Allhamdulillah warga di RW 14 ada 3 RT, warganya sekitar 400 lebih KK, di bagikan semua rata. Yang penting niatnya baik, mau berbagi. Beribadah kepada Allah,” ucap Barara.

drh Fara do dampingi pwmbiba pol PP Desa Kalisuren Ibnu kholsun meninjau dan melakukan oengecekan sempwl hewan kurban do Desa Kalisuren


Hal yang sama juga di sampaikan Ketua R12 Rudianto m, penyembelihan hewan kurban dilakukan bersama-sama oleh warga. Mereka bekerja bakti menguliti hewan yang telah disembelih dan memotong bagian per bagian.
“Allhamdulillah, proses pemotongan hewan kurban selesai sesuai dengan target,” ucap Rudianto.

“Kita menyalurkan hewan kurban ke semua warga sudah Alhamdulillah. Terima kasih kepada semua warga atas bantuannya,” tuturnya.

Ditempat terpisah drh Fara dari di nas peternakan kwoada dan wartawan mengungkapkan,” hati ini kami melakukan pengecekan hewan kurban, kurang lebih ada 6 titik lokasi,. Karena di setiap desa sudah ada dokter hewan yang ditugaskan melakukan pengecekan, pengecekan kami lakukan 2 kali yakni sebelum di potong dan sesudah di potong, Untuk pshibini Kami ambil l sempel 1 daging kambing dan 1 sempel daging sapi .ujar drg Fara saat melakukan pengecekan semorl hewan kurban (BRT/03-MP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here