Presiden Joko Widodo Tinjau Lokasi Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Lebak

0
278

Lebak, Merdeka pos. Presiden Joko Widodo didampingi oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dan Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau lokasi yang terlanda bencana banjir dan tanah longsor di Desa Banjaririgasi, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Selasa, 7 Januari 2020. Di lokasi bencana  di Pondok Pesantren La Tansa Presiden melihat beberapa fasilitas yang rusak dan banyak bangunan-bangunan hancur. Serta meninjau para pengungsi di Gelanggang Olah Raga (GOR) Lebak Gedong.

Dalam sambutannya di GOR Lebak Gedong, presiden mengatakan tadi pagi saya hadir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor dan sekarang  melihat  penanganan korban banjir bandang di Kabupaten Lebak dan memastikan kebutuhan warga terdampak bencana terpenuhi..

Selain itu dikatakan penyebab bencana banjir di Lebak adalah akibat perambahan hutan dan penambangan emas  ilegal. Untuk itu, ia meminta Gubernur Banten dan Bupati Lebak untuk menghentikan kedua aktivitas tersebut. Menurutnya  bahwa  hal seperti  enggak bisa lagi karena keuntungan satu, dua, tiga orang, namun merugikan ribuan orang.

Lebih lanjut dikatakan  berdasarkan laporan  terdapat 1.410 rumah yang rusak. Nanti akan didata di lapangan secara lengkap, penanganannya apa direlokasi dipindahkan kurang lebih 2 kilometer dari lokasi semula atau tidak. Untuk itu nanti tanahnya disiapkan oleh Bupati setelah itu diselesaikan  oleh Kementerian PU untuk perumahannya. Agar dalam 3-4 bulan itu semuanya sudah bisa diselesaikan.

Presiden Jokowi mengimbau kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah dari tingkat desa agar waspada terhadap kemungkinan bencana. Karena  puncak musim hujan sampai bulan depan sesuai prakiraan BMKG sampai bulan Febuari , untuk itu masyarakat tetap waspada  longsor.

Berdasarkan laporan, bahwa ada 30 jembatan yang mesti di perbaiki. Selain itu 19 sekolah Rusak. Terkait hal tersebut Presiden memerintahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian PUPR untuk menyelesaikannya. Pada  kunjungan ini Presiden di dampingi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.(Bmpi/Tsus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here