Petrokimia Gresik Raih Penghargaan dari Pemkab

0
46

MERDEKA POS, – Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Petrokimia Gresik diganjar penghargaan kepatutan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Apresiasi ini diberikan Pemerintah Kabupaten Gresik atas komitmennya membayar PBB untuk kemajuan di daerah.

“Kami sadar, kelancaran operasional bisnis perusahaan selama lebih dari 50 tahun tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan masyarakat,” ujar Dirut Dwi Satryo Annurogo, Jumat (15/12/2023).

SVP Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Adityo Wibowo menuturkan, saat ini perusahannya berdiri di atas lahan lebih dari 550 hektar, dan berada di tiga kecamatan, yaitu Gresik, Kebomas dan Manyar.

“Petrokimia Gresik memiliki komitmen untuk kontribusi bagi masyarakat Gresik. Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada Petrokimia Gresik yang melakukan pembayaran pajak,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain melalui PBB, perusahaannya juga berkontribusi melalui sejumlah retribusi. Tahun 2022 telah berkontribusi dengan membayar retribusi sebesar Rp8,1 miliar. Sementara di tahun 2023 telah membayar pajak dan retribusi sebesar Rp27,4 miliar.

“Angka ini merupakan kewajiban Petrokimia Gresik saat pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) beberapa bangunan dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG),” imbuhnya.

Hingga bulan November 2023 kata Adit, pihaknya telah menggelontorkan Rp11,3 miliar. Seluruh anggaran itu, terealisasi melalui sektor pendidikan, kesehatan, pelestarian lingkungan, bantuan sarana dan prasarana, termasuk tempat ibadah, kegiatan sosial, bantuan sembako, dan lainnya.

“Kontribusi ini menjadi bukti jika keberadaan kami tetap dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Gresik,” katanya.

Jurnalis : Budi Herman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here