Menhub Apresiasi Pemprov Sumsel Serius Realisasikan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat

0
92

Dok. Pemprov Sumsel
PALEMBANG , MERDEKA POS -Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) benar-benar serius untuk merealisasikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Keseriusan itu pun mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.
Menhub mengaku, dirinya melihat Pemprov Sumsel untuk merealisasikan Pelabuhan Tanjung Carat ini benar-benar serius dan masyarakatnya juga antusias.

“Saya melihat bahwa pemda sangat serius, lalu masyarakat juga antusias. Bahkan saat kami di Dermaga 16 Ilir tadi melihat rakyat Sumsel ini memiliki etos kerja yang baik,” katanya, dalam Rapat Terbatas bersama Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan jajaran di Griya Agung, Palembang, Sabtu (14/10/2023).


Budi menyebut bahwa Pemprov Sumsel sudah melakukan sejumlah upaya percepatan proses pengalihan hutan terhadap fungsi lain. Dia pun berharap dalam waktu 6 bulan ke depan sudah dapat melakukan ground breaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat tersebut.

“Insya Allah, tahun depan kita bisa melakukan lelang dan karena memang sudah ada investornya. Kalau enam bulan selesai berarti 2024 kita bisa melakukan groundbreaking,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam rapat terbatas ada sejumlah topik yang dibahas. Selain rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Carat, ada juga pegembangan infrastruktur transportasi terintegrasi di Provinsi Sumsel.

“Ratas tadi berlangsung menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo guna memastikan pembangunan skala nasional yang ada di Sumsel berlangsung dengan sesuai progress yang telah ditetapkan,” katanya.


Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyambut baik dilanjutkannya rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Dia menyebut, dampak yang terjadi akan sangat baik terhadap lalu lintas perdagangan di Sumsel. Kemudian, pertumbuhan ekonomi yang signifikan juga dipastikan akan terjadi.

“Untuk pelabuhan baru ini juga sedang proses AMDAL. Pak Menteri begitu intense mudah-mudahan ini juga bisa segera cepat terwujud. Berikutnya kami siap menerima arahan dari Kementerian Perhubungan agar program bisa segera terwujud,” ujarnya.

Atas nama masyarakat Sumsel, Fatoni menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi pemerintah pusat yang begitu tinggi terhadap pembangunan infrastruktur dan transportasi di Provinsi Sumsel.

“Pada prinsipnya kita siap mendukung percepatan pembangunan sarana transportasi di Sumsel,” katanya

Jurnalis : H Warsito

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here