Pemkab Bogor Pasca Bencana Alam Gencar Lakukan Evakuasi Rehabilitasi Akses Jalan.

0
216

Bogor, Merdeka pos. Pasca terjadinya Bencana banjir  dan tanah longsor, Pemerintah kabupaten ( pemkab) Bogor gencar lakukan  evakuasi  dan perbaikan jalan yang tertimbun tanah dan longsor,  serta  perbaikan sementara pada  jembatan  yang rusak yang diterjang  banjir.

Keterangan Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan saat meninjau lokasi bencana di Kecamatan Sukajaya,pada Kamis (2/1/ 2019 ) bersama Anggota Dewan Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyu Wijaya,  Sekdis PUPR, Dinas Kesehatan dan Camat Sukajaya. Mengatakan bahwa Pemkab Bogor telah bergerak cepat dan bentuk Tim Tanggap Darurat bencana . Hal itu  guna evakuasi korban yang tertimbun longsor. buka akses jalan terisolir,  membersihkan  jalan  tertimbun tanah longsor dengan  alat berat,  sehingga terbuka  akses masuk dari Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg sampai Kantor Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya .

Selain itu dikatakan untuk listrik  diKecamatan Sukajaya masih perbaikan  PLN pada kabel dan tiang  yang rusak. Hasil pendataan sementara,  ada 58 titik bencana alam di 15 Kecamatan. Bencana alam terparah di Kecamatan Sukajaya banyak akses Jalan utama terputus, rumah rusak parah,  jembatan terputus.

Lebih lanjut dikatakan Iwan Setiawan  agar BTT bisa percepat digunakan karena untuk belanja harus ada legalitasinya. Kami akan belanja buat tanggap bencana di angka Rp 28 Miliar semoga  bisa bertambah dmencapai Rp 50 Miliar.

Pihaknya minta Camat, mendata bantuan masuk, invetarisir kebutuhan yang diperlukan. Sementara untuk korban bencana alam di Kampung Ciasahan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, diharapkan  bersabar atas musibah sehingga  rumah rusak dan jembatan terputus , tiga kampung terisolir.

Ia  menghimbau agar warga tidak memaksakan diri mengunakan jembatan darurat. Sebab, ketika arus deras bisa membahayakan diri, apalagi jembatan tersebut bukan jembatan permanen.

Anggota Dewan Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyu berduka dan prihatin atas musibah bencana alam yang menimpa warga kabupaten bogor , yang memakan korban jiwa,  harta dan benda ,hingga memutuskan akses Jalan.  Dirinya menghimbau untuk itu pemda Kab. Bogor selain  memberikan bantuan juga mesti dapat mencari solusi agar bencana alam ini tidak terulang lagi. (Tsus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here