Momen Jelang HUT Kodam Jaya Ke-74, Dandim 0503/Jakarta Barat Hadiri Bhakti Sosial Uswatun Hasanah Berkhidmat Khitanan Massal, Pengobatan Gratis dan Donor Darah

0
38

JAKARTA,MERDEKA POS – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam Jaya/Jayakarta yang ke-74 Tahun, Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf ES. Putra Siregar, S.I.P., menghadiri acara Bhakti Sosial “Uswatun Hasanah Berkhidmat” berupa kegiatan sosial Khitanan Massal, Pengobatan Gratis dan Donor Darah bertempat di Masjid Raya Uswatun Hasanah, Jl. Daan Mogot KM.10 No.100, Pesing Poglar RT.01/RW.05, Kelurahan Kedaung Kaliangke, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu Pagi (23/12/2023).

Kegiatan khitanan massal kali ini diikuti oleh peserta berjumlah 135 (seratus tiga puluh lima) orang anak, dengan penanggung jawab kegiatan adalah Danramil 04/Cengkareng Mayor Arh Riyadi Triananto) dan Ketua Panitia Acara adalah Serka Warsito.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan souvenir secara simbolis dari Dandim 0503/JB Letkol Inf ES. Putra Siregar, S.I.P., kepada anak-anak peserta Khitanan Massal. Dan selanjutnya dilakukan Pemberian Plakat dari Ketua DKM Masjid Raya Uswatun Hasanah Drs.H.Nurhadi M.Musawir, S.H., M.A., kepada Dandim 0503/JB dan sebaliknya Pemberian Plakat dari Dandim 0503/JB kepada Ketua DKM. Serta penyerahan plakat kepada sponsor Bank Syariah Indonesia.

Setelah melaksanakan peninjauan kegiatan acara khitanan massal, pengobatan gratis dan donor darah, Komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf ES. Putra Siregar, S.I.P., kepada awak media dalam keterangan persnya menjelaskan, “Pada kesempatan pagi ini, kita dengan Masjid Uswatun Hasanah melaksanakan kegiatan khitanan massal dan juga ada donor darah, berikut juga pengobatan gratis“.

“Kita juga dari Kodim 0503/JB dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Kodam Jaya yang ke-74. Kami berharap baik panitia dengan kita pihak Kodim, semoga kegiatan pagi ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat“, harap Dandim.

“Dan kita juga mengajak kepada pihak-pihak lain, mungkin dalam beberapa waktu kedepan, yang mempunyai niat, ikhtiar, untuk melakukan hal-hal seperti ini, bisa bersinergi dengan kita. Saya rasa sekian untuk kegiatan pagi ini“, imbau Dandim seraya menutup wawancara.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jakarta Barat KH. Dr. Ir. Narmada Rachmani, M.A. mengungkapkan, “Bismillahirrohmannirrohiim, assalammu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kodim 0503/Jakarta Barat, yang telah bekerjasama dengan Masjid Uswatun Hasanah yang merupakan satu amal usaha milik Muhammadiyah. Dan ini adalah satu kerjasama yang perlu ditingkatkan baik untuk level Cengkareng, Jakarta Barat maupun di tempat-tempat yang lain tentunya. Karena ini sangat membantu sekali, bagi saudara-saudara kita yang memang memerlukan kegiatan atau aktifitas sosial seperti misalnya sunat massal maupun pernikahan massal. Ini perlu kita apresiasi yang setinggi-tingginya pada saudara-saudara kita yang peduli, tentunya ini adalah para donatur, para relawan dan para pekerja dengan ikhlas dan ridho melakukan kegiatan ini untuk mencapai kebersamaan dalam kesejahteraan sosial“.

Masih di tempat yang sama, Ketua DKM Masjid Raya Uswatun Hasanah Drs.H.Nurhadi M.Musawir, S.H., M.A., mengatakan, “Alhamdulillah saya selaku Ketua DKM Masjid Raya Uswatun Hasanah mengucapkan terima kasih banyak kepada Kodim 0503/Jakarta Barat yang telah banyak kerjasama dengan kami. Ini masjid raya salah satu usaha amal milik Muhammadiyah, yang selama ini telah melakukan kerjasama untuk sunatan. Ini sudah 12 (dua belas) kali atau sudah 12 (dua belas) tahun, yang disunat sudah 2.016 (dua ribu enam belas) orang anak. Kemudian saat Covid yang lalu, lebih dari 8.000 (delapan ribu), kalau dengan Polri lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) , kita memberikan Vaksin kepada masyarakat lewat Masjid Raya Uswatun Hasanah“.

“Masjid ini disamping kegiatan-kegiatan sosial, ada juga kajian-kajian kitab agama islam, dan juga ada panen subuh. Panen subuh itu setiap jum’at pagi kita menbagikan sayuran dan lauk pauk bagi masyarakat. Dan sekaligus kita juga memberikan layanan ambulance gratis bagi warga yang meninggal, kepada masyarakat di Jakarta. dan ini tentu saja kalau bisa dikembangkan, kerjasama TNI dengan masjid-masjid yang lain akan sangat bagus. Dan kami sudah memulai, dan sudah 12 (dua belas) tahun kerjasama, semoga bermanfaat dan semoga kita semua warga masyarakat DKI Jakarta dapat merasakan manfaat kerjasama TNI dan Masjid Raya Uswatun Hasanah dan dengan lembaga-lembaga lain“, harapnya.

Saat dikonfirnasi, Danramil 04/Cengkareng Riyadi Triananto menjelaskan, “Alhamdulillah kegiatan Bakti Sosial Uswatun Hasanah Berkhidmat pada pagi hari ini diikuti oleh 135 (seratus tiga puluh lima) orang peserta yang dikhitan massal. Dan setiap peserta mendapatkan uang saku sebesar Rp. 200.000 , Peci, Kaos, Sarung serta Paket sembako yang terdiri dari gula pasir 1 Kg, Beras, Minyak goreng 1 Ltr, Indomie 5 Bks dan paket snack“.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasdim 0503/JB, Letkol Inf Harry Ismail, S.I.P., Para Perwira Staf Kodim 0503/JB, Wakil Ketua DMI Bpk. KH. Zainal Arifin, Ketua DMI Kota Jakarta Barat Bpk. KH. Agus Salim, Camat Cengkareng diwakili oleh Sekcam Cengkareng Bpk. Kelly Supriyono, Kepala KUA Kecamatan Cengkareng Bpk. KH. Supandi, M.A, Ketua DMI Kecamatan Cengkareng Bpk. KH. Hamzami, Ketua PCM Cengkareng Bpk. H. Romli, S.Sos., Danramil 04/CK Mayor Arh Riyadi Triananto, Kapolsek Cengkareng Kompol Hasoloan Situmorang, S.H., S.I.K., M.H., Kanit Binmas Polsek Cengkareng Akp Wiyanto, Kepala Polkes Kodim 0503/JB dr. M. Arief, Danunit Inteldim 0503/JB Lettu Inf M. Adam, Para Personil Koramil 04/CK, Para Personil Polsek Cengkareng, Batuud Koramil 04/CK Pelda Suyanto, Ketua Panitia Baksos Uswatun Hasanah Berkhidmat Serka Warsito, para peserta baksos, dan warga masyarakat.

(Sumber Pendim 0503/JB)

Jurnalis : Budi Herman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here