Memasuki Musim Penghujan, Wabah DBD dan Banjir Jadi Perhatian Kodam XII/Tanjungpura.

0
40

PONTIANAK, MERDEKA POS – Memasuki Musim Penghujan, Wabah DBD dan Banjir Jadi Perhatian Kodam XII/Tanjungpura.

Pontianak- Memasuki musim penghujan di wilayah Kalimantan Barat, khususnya di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, menjadi perhatian dari pihak Kodam XII/Tanjungpura dengan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial, membersihkan saluran air yang tersumbat di lingkungan pasar tradisional, pemukiman penduduk dan lokasi- lokasi rawan banjir.

Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan S.E,M.M, memimpin langsung kegiatan Bhakti Sosial yang di laksanakan di
Pasar Puring Siantan, yang berlokasi tepat di depan Makoramil 1207-01 Pontianak Utara, Kamis, 7 Desember 2023.

Sebanyak 250 personil gabungan dari Kodim 1207/Pontianak, Polsek Pontianak Utara, Ormas Pemuda Pancasila, FKPPI, Bakoorwil Kodim 1207/Pontianak, Damkar yayasan Bhakti sosial Pontianak Utara, Menwa dan masyarakat setempat juga turut dilibatkan.

Kegiatan Bhakti Sosial yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kodim, di wilayah Kalimantan Barat telah berlangsung selama satu Minggu di pasar- pasar tradisional, tempat ibadah dan tempat- tempat kumuh yang membutuhkan bantuan TNI bersama komponen masyarakat lainya.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak di wilayah Kodam XII/ Tanjungpura Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, seluruh Kodim dan Koramil, bahkan serentak di seluruh Indonesia,” Jelas Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Iwan Setiawan S.E,M.M, pada hari Kamis, 7 Desember 2023.

Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Iwan Setiawan S.E,M.M.,menambahkan, perintah Bapak Kasad, “Mari kita laksanakan kegiatan sosial bersama- sama dengan masyarakat untuk membantu kesulitan rakyat terhindar dari musibah bahaya yang mengancam kita, salah satunya sekarang lagi musim demam berdarah.

” Dengan kita membersihkan selokan, air akan lancar mengalir, tidak dijadikan tempat untuk bersarang nyamuk,”ujarnya.

Lanjut katanya, bahwa pihaknya melakukan kegiatan penanaman pohon, baik pohon- pohon yang ditanam di semua titik, termasuk pohon bakau yang ditanam di pinggiran- pinggiran pantai,” ucap Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Komandan Kodim1207/Pontianak,
Letkol Arm Irwansah, S.A.P., M.H.,menyampaikan bahwa kegiatan Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh Kodim 1207/Pontianak di laksanakan secara serentak di 11 titik, di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, salah satunya yaitu di Pasar Puring Siantan ini,” jelasnya.

Dandim 1207/Pontianak Letkol Arm Irwansah, S.A.P., M.H., mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan tidak hanya pembersihan pasar, tetapi ada juga pembersihan saluran air dan penghijauan, untuk mencegah terjadinya genangan- genangan air yang mengakibatkan timbulnya penyakit.

“Apalagi Kalau kita lihat kasus sekarang untuk Kubu Raya dan Kota Pontianak, hampir 1000 kasus DBD yang menjangkiti masyarakat dan ini menjadi perhatian kita,” ujar Dandim 1207/Pontianak.

Lanjut katanya bahwa selain pembersihan pasar dari sampah- sampah dan saluran air, di daerah lainya juga dilakukan pembersihan di saluran air di pemukiman masyarakat.

” Pada intinya TNI berupaya hadir untuk membantu kesulitan masyarakat,” Pungkasnya.

Jurnalis : Budi Herman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here