Kisah Sukses Desa Banjarwangi: Strategi Inovatif Kepala Desa dalam Meningkatkan Ekspor Pertanian”

0
22

BOGOR MERDEKA POS – Sebuah tempat di mana semangat gotong royong dan inovasi bertemu, telah mencatat sejarah gemilang dalam pengembangan ketahanan pangan. Kepala Desa, Supratno Prasetyo, menjelma menjadi pionir yang membawa perubahan signifikan dalam paradigma pertanian lokal.

Inisiatifnya yang berani dalam memperkenalkan potensi Ubi Madu Banjarwangi telah membuahkan hasil luar biasa, tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal tetapi juga menembus pasar internasional.

Program ketahanan pangan yang digagas oleh Kepala Desa tidak hanya sekadar wacana dan sebuah mimpi teori saja, melainkan sebuah perjalanan yang melibatkan seluruh masyarakat Warga Desa Banjarwangi.

Dengan memfokuskan pada penanaman Ubi Madu banjar wangi, beliau berhasil merangsang partisipasi warga, menciptakan kebersamaan, dan mengubah lahan-lahan tidur di seluruh desa menjadi kebun subur yang menghasilkan secara merata.

Tantangan eksternal, terutama terkait penjualan hasil pertanian, tidak menjadi penghalang bagi semangat Desa Banjarwangi. Dengan menjaga standar kualitas dan menetapkan harga jual yang jelas, produk Ubi Madu Banjar Wangi ini telah menjadi primadona yang dicari, tidak hanya oleh warga lokal tetapi juga oleh pasar internasional. Keberhasilan ekspor ke pasar Jepang dua kali menjadi bukti nyata bahwa produk dari Desa Banjarwangi memiliki daya saing tinggi.

Keberhasilan ini adalah hasil dari sinergi yang kuat antara kepemimpinan yang visioner, partisipasi aktif masyarakat, dan bimbingan konsultan yang terlibat.

Kepala Desa tidak hanya menjadi pemimpin, tetapi juga fasilitator yang mampu melakukan aksi nyata sebuah langkah konkrit bisa di lihat dengan mata lansung perkembanngannya, selanjutnya memotivasi masyarakat dan menggandeng ahli konsultan untuk memaksimalkan potensi desanya.

Pentingnya menjaga keberlanjutan kesuksesan ini tidak bisa diabaikan. Dukungan terus-menerus dari pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan pihak terkait lainnya akan menjadi kunci keberhasilan jangka panjang.

Langkah ke depan adalah menjadikan produk Ubi Madu dari Desa Banjarwangi sebagai merek brand Ubi Madu Desa Banjarwangi yang dikenal luas, menciptakan lapangan kerja baru, dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan.
Dengan kesuksesan yang diraih, Desa Banjarwangi bukan hanya mencatat pencapaian ekonomi tetapi juga menciptakan identitas baru yang membanggakan. Semoga keberhasilan ini tidak hanya menjadi inspirasi lokal daerah tetapi juga menular ke desa-desa lain, mengajak mereka untuk meraih keberlanjutan dan kemakmuran melalui pengembangan program ketahanan pangan yang berkelanjutan.
Sebagai penutup, prestasi luar biasa ini bukan hanya sekadar pencapaian materi, melainkan sebuah perjalanan kolektif menuju masa depan yang lebih baik. Desa Banjarwangi, dengan kepemimpinan Kepala Desanya, telah membuktikan bahwa ketahanan pangan bukanlah mimpi yang tidak tercapai. Semoga langkah ini menjadi awal dari banyak inovasi positif lainnya untuk kemajuan Indonesia.

Jurnalis : Budi Herman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here