Cerita ‘Pakde’ Papang Sapari, Pakar Hukum Yang Kini Jadi Caleg Partai Demokrat

0
249

BANYUWANGI, MERDEKA POS – Pengacara senior yang sedang melambung namanya, DR.H.Papang Sapari.SH,MH , kini menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat . H Papang yang akrab disapa pakde Papang menegaskan dia tak akan mencari hidup atau uang di politik. “Untuk jaga independensi, idealisme, saya tetap jadi pengacara. Saya tak mencari penghidupan di politik,” kata Papang Kamis (21/12/2023).

Aktifitas Dr.H.Papang Sapari. SH.MH sebagai advokat bersama pengacara

H Papang saat ini menjadi caleg DPR RI Demokrat dari Daerah pemilihan (Dapil) Jatim 3 kab Banyuwangi, Kab Situbondo dan kab Bondowoso. ia mendapatkan nomor urut 6.

H Papang menuturkan,” sudah menjadi simpatisan dan kader Demokrasi semenjak berkuliah di Fakultas Hukum Iblam kota Depok. Setelah lulus, dia tak memadamkan minatnya terjun ke politik. Namun, dia tak ingin mencari uang lewat jalur politik, sehingga memilih fokus menjadi pengacara.

Posko Relawan Pemenangan H Papang Sapari di Dapil Jatim 3 Banyuwangi,Kab Situbondo dan kab Bondowoso.

H Papang memahami bahwa dunia politik memerlukan biaya, oleh karena itu dia menabung agar tak mencari uang di dunia politik. “Harus independen di politik, harus siap dulu. Karena butuh juga cost politik, jadi pengacara alhamdulillah banyak dipercaya klien. Nabung-nabung,” ucapnya.

Foto bersama wali kelas saat H Papang duduk di bangku SMP P tahun 80.

Meski mencari modal lewat profesinya, H Papang tak selalu mencari cuan lewat aksi-aksi advokasinya. ia juga menangani masalah hukum yang melibatkan masyarakat kecil.

Berbagai kasus sudah ditanganinya, diantaranya meng advokasi masyarakat Lampung Suku Menggopak tahun 2012 dlm perkara penguasaan tanak register 45 oleh PT. Hingga kasus artis (off the record) masa itu

H Papang mulai dikenal di dunia hukum sebagai salah seorang pembela rakyat kecil.

Sebagai caleg DPR RI No urut 6 dari dapil Jatim 3 kabupaten Banyuwangi,Kab Situbondo dan kab Bondowoso.

Selama berkarir sebagai pengacara itulah dia melihat berbagai masalah terkait dunia hukum Indonesia dinilai perlu banyak perbaikan.

H Papang menilai ada kesamaan kerja antara advokat dan anggota dewan. Dia menuturkan dalam dunia advokat pun ada negosiasi hingga musyawarah seperti politik.

“Di dunia hukum, ada namanya negosiasi, musyawarah mufakat, pendamping diskusi. Bagaimana pendampingan hak-hal,” katanya.

“Di DPR, bisa memperjuangkan kebijakan yang pro terhadap rakyat, musyawarah mufakat dengan fraksi lain untuk perjuangkan aspirasi. Ini yang menarik,” katanya.

Meski ada nama-nama beken di dapilnya, H Papang tak gentar sedikitpun. Dia berharap masyarakat di dapilnya bisa memberikan kepercayaan agar dia bisa mewujudkan tagline-nya: “Adil Tanpa Pandang Bulu.

Alumni SMP P Banyuwangi tahun 80 siap mendukung Dr H Papang Sapari SH,MH dalam pemilu 2024 di Dapil Jatim 3 kabupaten Banyuwangi meliputi kabupaten Banyuwangi. Kab Situbondo dan kab Bondowoso.

Dari hasil pantauan MERDEKA POS di pokso relawan pemenangan H Papang Sapari (RPPS) caleg asli lare osing ini, banyak mendapatkan dukungan suara, diantaranya dukungan dari alumni SMP P Banyuwangi tahun 80.

Dia tambah lagi adanya dukungan dari sahabat karib dari Kanjeng Sultan Hamengku Blambangan (KSHB) yang jumlahnya banyak tersebar di dapil Jatim 3 yang meliputi kabupaten Banyuwangi. Kab Situbondo dan kab Bondowoso.
Jurnalis : Barata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here